Searching...
Monday, June 10, 2013

Alasan Mengapa Unsur Nitrogen (N2) Tidak Dapat Bereaksi dengan Asam Nitrat (HNO3)


Asam nitrat merupakan asam yang bersifat asam kuat dan merupakan pengoksidasi yang sangat kuat. Unsur nitrogen tidak dapat bereaksi dengan asam nitrat (HNO3). Nitrogen dialam berada dalam bentuk N2. Antara N yang satu dengan yang lainnya dihubungkan dengan 3 ikatan yaitu satu ikatan sigma dan dua ikatan pi. Ikatan rangkap yang menghubungkan N ini sangat pendek yaitu sekitar 1,09วบ. Ikatannya juga sangat stabil sehingga energi disosiasnya besar yaitu 945,4 kJ/mol. Dengan adanya hal tersebut maka nitrogen bersifat inert pada temperatur kamar sehingga tidak akan bereaksi dengan menggunakan asam nitrat yang bersifat kuat.
Di alam nitrogen terdapat sebagai N2, sebanyak 78% dari atmosfer bumi, diperoleh dari proses pencairan dan fraksinasi udara yang juga akan mengandung sedikit argon. Dalam konfigurasi 1S2, 2S2, 2P1, 2P1, 2P1, nitrogen akan melengkapi kulit valensinya dengan cara:
·           Penggabungan electron untuk ion nitride N3-
·           Pembentukan ikatan pasangan elektron, misalnya membentuk ikatan tunggal pada NH3.
·           Membentuk ikatan ganda –N=N– atau  :N    N:
Jadi, secara umum nitrogen hanya dapat bereaksi melalui 3 cara di atas sehingga tidak dapat bereaksi dengan larutan HNO3. Selain itu, Kekuatan ikatan :N  N: yang sangat besar menyebabkan N2 bersifat inert,  N2 tidak bersifat reaktif.
Selain itu, pada asam nitrat H+ berikatan dengan NO3- yang lebih reaktif daripada N2 sehingga N2 tidak akan dapat bereaksi dengan asam nitrat tersebut. Unsur lain dalam satu golongan dapat bereaksi dengan asam nitrat membentuk asam yang lain.

0 comments:

Post a Comment

Blog ini Berisi Sharing & Caring Tentang Ilmu Pengetahuan