Searching...
Monday, June 10, 2013

Alasan Mengapa Unsur Nitrogen (N2) Tidak Dapat Bereaksi dengan Asam Nitrat (HNO3)

6:01 AM

Asam nitrat merupakan asam yang bersifat asam kuat dan merupakan pengoksidasi yang sangat kuat. Unsur nitrogen tidak dapat bereaksi dengan asam nitrat (HNO3). Nitrogen dialam berada dalam bentuk N2. Antara N yang satu dengan yang lainnya dihubungkan dengan 3 ikatan yaitu satu ikatan sigma dan dua ikatan pi. Ikatan rangkap yang menghubungkan N ini sangat pendek yaitu sekitar 1,09วบ. Ikatannya juga sangat stabil sehingga energi disosiasnya besar yaitu 945,4 kJ/mol. Dengan adanya hal tersebut maka nitrogen bersifat inert pada temperatur kamar sehingga tidak akan bereaksi dengan menggunakan asam nitrat yang bersifat kuat.
Di alam nitrogen terdapat sebagai N2, sebanyak 78% dari atmosfer bumi, diperoleh dari proses pencairan dan fraksinasi udara yang juga akan mengandung sedikit argon. Dalam konfigurasi 1S2, 2S2, 2P1, 2P1, 2P1, nitrogen akan melengkapi kulit valensinya dengan cara:
·           Penggabungan electron untuk ion nitride N3-
·           Pembentukan ikatan pasangan elektron, misalnya membentuk ikatan tunggal pada NH3.
·           Membentuk ikatan ganda –N=N– atau  :N    N:
Jadi, secara umum nitrogen hanya dapat bereaksi melalui 3 cara di atas sehingga tidak dapat bereaksi dengan larutan HNO3. Selain itu, Kekuatan ikatan :N  N: yang sangat besar menyebabkan N2 bersifat inert,  N2 tidak bersifat reaktif.
Selain itu, pada asam nitrat H+ berikatan dengan NO3- yang lebih reaktif daripada N2 sehingga N2 tidak akan dapat bereaksi dengan asam nitrat tersebut. Unsur lain dalam satu golongan dapat bereaksi dengan asam nitrat membentuk asam yang lain.

0 comments:

Post a Comment

Blog ini Berisi Sharing & Caring Tentang Ilmu Pengetahuan